Alena 📚 Indonesia

Alena 📚 Indonesia Follow

Ebook Reader 🌼 Book Review 🌼 Blogger
🧕🏼 INFJ-T

https://www.bacaanipeh.web.id/

2,071 Followers  867 Follow

Share Share Share

Have you ever read a book that made you talked about it more and more because you loved it?⠀
⠀
Namanya Shirin, kehidupannya menjadi pusat perhatian seluruh cerita. Dia seorang gadis keturunan Persia yang tinggal di Amerika. Dari ayahnya, Shirin belajar memodifikasi pakaian. Ia senang sekali membuat kreasi dengan pakaian lama. Bahkan, sering juga ia mencari inspirasi dari butik terkenal untuk diadaptasi idenya demi kreasi modifikasi pakaian lamanya.⠀
⠀
Shirin bergabung dengan kakak dan teman kakaknya. Dalam sebuah klub kecil. Klub penari breakdance. Pada mulanya, teman kakaknya menganggap kalau headscarf yang dikenakan olehnya akan membatasi ruang geraknya. Tapi, siapa sangka? Kalau kerudungnya tetap membuatnya bisa bergerak leluasa. Bahkan Shirin bisa melakukan gerakan-gerakan yang keren. Breakdancer dengan headscarf. ⠀
⠀
Di kehidupannya, usai tragedi runtuhnya sebuah gedung pencakar langit akibat ulah teroris. Shirin sering mendapat caci maki. Tak sedikit yang mengatakan padanya kalau ia dan keluarganya adalah teroris. Membuat saya melihat adanya relasi keadaan antara Shirin dan minoritas di Indonesia khususnya di tempat saya tinggal. Menjadi minoritas bukan hal yang menyenangkan. Bahkan di negara yang konon menganggap bahwa keberagaman harus dihargai. Tetap saja tidak bisa dikesampingkan banyaknya orang atau kaum yang dikucilkan hanya karena perbedaan tersebut.⠀
⠀
Kehidupan percintaan Shirin juga tak bisa dikatakan lancar dan langgeng. Masa remajanya harus berjibaku dengan para kaum mayoritas. Langkah kakinya harus selalu hati-hati agar ia terhindar dari kekerasan. Ia selalu berusaha untuk bersembunyi. Menyembunyikan wajahnya dari orang lain. Demi keselamatannya sendiri.⠀
⠀
Dari buku ini, saya belajar. Bahwa, dimanapun berada, menjadi minoritas selalu bukan kondisi yang menyenangkan.⠀
⠀
Buku ini mengajarkan saya untuk membuka mata. Bahwa, boleh jadi di Indonesia saya tidak merasakan menjadi minoritas karena agama yang saya anut itu mayoritas. Tapi, jika saya hidup di negara lain yang menjadikan agama yang saya anut itu minoritas. Apakah saya bisa setegar Shirin?⠀
⠀
#alenaslibrary⠀
#averylargeexpanseofsea
Selamat Hari Buku Nasional Kepada Semua #bookstagramindonesia 🎊🎉✨⠀
⠀
🎋Semoga aplikasi #gramediadigital bisa simpan kutipan.⠀
⠀
🎈 Semoga aplikasi #Ipusnas semakin banyak koleksinya. Terutama koleksi buku-buku referensi. Dan buku lawas yang sudah sulit didapat. Serta memperpanjang masa pinjaman.⠀
⠀
🎐 Semoga nanti saya gak ketinggalan lagi diskon gede-gedean di #playbook .⠀
⠀
🎁 Dan semoga tingkat literasi di Indonesia bisa membaik. Tak hanya menambah kuantitas saja tapi kualitas dari pembacanya juga bertambah keren.⠀
⠀
Terima kasih juga untuk semua teman yang sudah meluangkan waktu untuk Like dan Comment di akunku. Semoga kalian sehat selalu 💕❤.⠀
⠀
#HariBukuNasional #haribukunasional2019 #bookishindonesia #books #pembacabuku #salamliterasi
What book that catch you from the first chapter and you love it so much?⠀
⠀
A Very Large Expanse of Sea by #TaherehMafi 📚 212 pages 📚 Published by HarperCollins 📚 Read on #playbooks ⠀
⠀
She is Persian who lived in New York. After 9/11 accident, people always stared at her like she's the one who did it. Just because she wears headscarf. She ever followed by a man and tried to kill her. For something that she didn't. ⠀
⠀
At school, she was trying so hard to be invisible as well as she could. Only for two more years and she think that she can escape to the new freedom of life.⠀
⠀
Her brother is in the same school as her. Both have a different image, she ate her lunch at the rest room. And her brother ate lunch with his friends. He is popular amongst students, especially girls.⠀
⠀
She met Ocean, one day, when both of them have todo a group task. That was the first time for her to connect with other after moved to her new school. She doesn't like to interact with other student nor have to deal with them in the same group. ⠀
⠀
Ocean is a good boy. Actually, even though he comes from a conservative family, he still have different point of view about anything. That was his first time looks a girl who wears headscarf.⠀
⠀
After school, she will join in to her brother's club of Breakdancer. Yes! She can do that: Breakdancing! She and her brother are great breakdancer.⠀
⠀
Lately, my reading progress running slowly. But, still I'm trying on it and take my own time to enjoy it.⠀
⠀
Happy Fasting, Fellas!⠀
⠀
#bookstagram #unitedbookstagram #bookgasm #bibliophile #alenaslibrary #ebookreaders #ebookreview #muslimreads #bookofinstagram #bookcommunity #readingaddict #averylargeexpanseofsea #literature #ireadya #oneweekonebook #igbookreview #ramadanreading #instareads #harpercollins
Do you ever heard about Java Island? What do you know about this place? ⠀
⠀
Kisah Tanah Jawa karya Tim KTJ 📚 250hal 📚 Cetakan ketiga 2019 📚 Diterbitkan oleh @gagasmedia⠀
⠀
Mengenal akun Kisah Tanah Jawa pertama kali di lini masa Twitter. Berkat kesetiaan saya nongkrong saat malam jumat. Keberuntungan membawa saya mengenal akun ini. Kalau tidak salah, saat itu saya tahu dari cerita masalah tanjakan pengantin. ⠀
⠀
Tak lama berselang, banyak cerita yang berkaitan dengan mitos atau kisah seram dari tempat-tempat yang ada di pulau Jawa. ⠀
⠀
Jika sering mengamati cuitannya di akun Twitter. Mungkin tidak kaget lagi jika isi dalam buku ini menguak segala macam hal yang terjadi di tanah jawa. ⠀
⠀
Mulai dari kisah tumbal saat pengerjaan proyek yang dirangkum dalam bab Napas Tiang Pancang.⠀
⠀
Kemudian, kisah penglaris pada bisnis kuliner yang bukan rahasia lagi. Ada di bab Penyedap Komposisi Dosa.⠀
⠀
Sampai membahas tentang Kejawen. Yang sebenarnya memang masih banyak orang yang menganut ajaran ini.⠀
⠀
Dari buku ini setidaknya saya jadi diingatkan kembali untuk senantiasa berdoa pada setiap perjalanan. Berdoa setiap memasuki tempat baru. Berdoa saat masuk ke rumah makan. Sampai berdoa saat hendak makan. Tak lupa untuk berdoa di toilet umum.⠀
⠀
Dalam buku ini juga disematkan ilustrasi yang menarik. Tidak menorehkan kesan memaksa untuk menghantui. Karena pada dasarnya tim KTJ hendak memberi informasi pada banyak orang. Bahwa hal mistis nan gaib seperti ini, nyata adanya.⠀
⠀
Investigasi yang digunakan pun berbeda. Dengan menggunakan cara Retrokognisi. Dari cara inilah mereka menjabarkan kisah yang boleh dipercaya boleh juga tidak. Namun, praktek mistis ini masih kerap dilakukan oleh beberapa masyarakat.⠀
⠀
Nah, kalian pernah mendapat atau mendengar kisah mistis atau mitos seperti apa?⠀
⠀
⠀
#alenaslibrary #kisahtanahjawa #gagasmedia #suarakankebaikanmembaca #salamliterasi #ayomembaca #bookstagram #bookish #bookishfeatures #oneweekonebook #avidreader #booksofinstagram #bookflatlay #flatlay #pastelcolour
What would be your reaction when the first time you see someone else's hand like evil's hands? I think it would be surprising me a lot. So, I need to manage my breath first in order to keep myself standby without being interrupted by worm thought. It must be hard for them to have something that unique or different from others.⠀
⠀
Cursed Hand karya Sinta Susanti 📚 160 halaman 📚 Diterbitkan oleh @bhuanasastra 📚 Baca melalui @ipusnas.id⠀
⠀
Akhirnya ada kesempatan membaca kisah ini setelah beberapa waktu yang lalu sempat seliweran di lini masa Instagram. ⠀
⠀
Buku ini dikemas dengan gaya bercerita khas terjemahan. Dengan latar di luar negeri. Pertama di Lindenhurst, tidak begitu lama. Hanya sebentar. Kemudian, di Giethoorn. Di tempat kedua inilah banyak kejadian menarik yang menimpa Ashley. Serta pertemuannya dengan Christine dan Christy.⠀
⠀
Berkisah tentang PERBEDAAN dimana Ashley ini gadis yang biasa saja, cantik namun memiliki tangan yang tampak menyeramkan bagi banyak orang. Karena perbedaannya inilah, keluarga Smith kesulitan mencari sekolah untuk anak semata wayangnya ini. Tak hanya itu, kerasnya hidup dan sulitnya berbaur dirasakan oleh Ashley mengingat tak banyak orang yang bisa menerima perbedaan yang ada pada dirinya.⠀
⠀
Apa yang terlintas dalam benakmu kala membaca tulisan 666 atau melihat simbol Pentagram? Bisa jadi simbol tersebut ada kaitannya dengan para pemuja iblis. Karena, dalam novel ini kita akan disuguhi misteri kenapa Ashley melihat orang lain dalam mimpinya. Siapa para pemuja iblis ini. Dan seperti apa pertukaran dalam pemujaan ini.⠀
⠀
Yang sangat disayangkan adalah karakter Ashley ini saat kecil. Kesan terlalu dewasanya membuat saya merasa aneh. Padahal digambarkan sebagai anak gadis biasa. Meski ingin ditonjolkan kalau ia dewasa akibat dari kerasnya kehidupan. Bagi saya, masih kurang digali sehingga saya menganggap ini seperti ujug-ujug. Sama halnya dengan alasan si pemuja setan masuk ke aliran satanis. Hanya sekadar disebutkan saja tanpa digali lagi.⠀
⠀
Jadi, sebagian besar kisahnya berkutat pada Ashley dan teror mimpinya.⠀
⠀
⠀
#bookstagram #alenaslibrary #bookishfeatures #bookworms #booknerd #igbookreview #cursedhand #bacabukuperpus2019
I try so hard to finish this book. First, I'd like to thank to @jurnalsibugot for the chance. So, I could read this economic book. Even though my brain was hanged when I reached the first chapter. The history of money based on Modern Economic has a bit different than what I've already known. I need to chew it little by little, slowly, because it's kind a hard thing for me.⁣
⁣
After all, at least I've got an information why everytime I read bank report, it appeared Credit on my saving. As long as I've know that Credit is money that you borrow from someone else. So, why money that I received calls credit? And I got the information here in this book.⁣
⁣
For you, Indonesian readers. Jika kalian butuh buku pendukung mengenai masalah atau sejarah ekonomi modern. Saya merekomendasikan buku ini. Karena, berisi banyak informasi disertai studi kasus yang bisa menjadi informasi berguna bagi apa yang tengah kalian cari.⁣
⁣
Tapi, bagi saya pribadi. Yang masih sangat awam sekali. Bahasa yang dijabarkan bung @authorjosephpangaribuan masih belum user friendly. Belum down to earth. Belum bisa saya yang sangat teramat awam ini bisa cerna dengan mudah. ⁣
⁣
Namun, bukan berarti buku ini buruk. Karena, saya mendapati banyak fakta menarik yang lumayan membuka mata saya mengenai hutang dan krisis moneter. Kenapa tercipta utang dan Bagaimana sebenarnya uang itu berputar. ⁣
⁣
Tak hanya itu, saya juga baru tahu kalau sebenarnya sistem barter ini masih kurang kuat buktinya bahwa pernah ada sistem ekonomi seperti ini di Indonesia. Juga tentang polemik krisis yang pernah menjadi bahan pembicaraan hits di akhir tahun 90-an.⁣
⁣
Delusi Moneter karya Joseph Pangaribuan 📚 257 halaman 📚 Penerbit Deepublish 
#alenaslibrary #delusimoneter #oneweekonebook
A book that has a sweet story inside? A bad boy stole my bra indeed has sweet things a lot. I could not agree more with it. It's a light story about school, friendship and anything.⁣
⁣
Kalau kalian penasaran karena judulnya menggoda. Terus ngerasa takut kena prank kalau isinya ga sekece judulnya. Saya kasih tahu kalau ceritanya itu ringan. Tapi ada beberapa hal menarik buat saya :⁣
⁣
📚 PTSD. Di sini membahas tentang kondisi seseorang yang masih dalam situasi trauma sampai dia butuh terapis karena sering terkena serangan panik.⁣
⁣
📚 LGBT. Meski gak begitu banyak disebut. Buatku si #LaurenPrice sudah sukses membuat bahasan ini jadi lumayan smooth dan ga terkesan memaksa.⁣
⁣
📚 Misteri yang dipecahkannya sedikit demi sedikit di bagian-bagian berbeda.⁣
⁣
📚 Banyak humor receh bertebaran. Sejenis lawakannya ala Sule icikiwir. Seriusan, pas baca humornya tuh rasanya kaya, "apa banget astaga" 🤣🤣🤣. Bukan dalam hal buruk tapi kaya eaaaa receh amat humorku.⁣
⁣
Buku ini sudah diterjemahin ke dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Spring. Kalau suka yang bahasannya ringan. Ada humornya. Punya karakter cewe yang gengsinya tinggi tapi bener juga karena ga gampangan jadinya. Bolehlah dicek langsung dan kenalan sama Riley, Alec, Violet, Dylan (bukan dilanku), Joe dan Chase. ⁣
⁣
#Abadboystolemybra by Lauren P. 📚 Baca melalui #Scribd 📚 Young Adult Genre⁣
⁣
#alenaslibrary #ebookreader #igbookreview #reader #igbooks #bookworm #bookstagram #instabooks #bücherliebe #booktography #bibliophile #booknerd #bookaholic #bookgram #loveandluck #yabooks #oneweekonebook #ireadya
Who's your favourite Mother-Daughter relationship from book?⁣
⁣
The first Mother-Daughter relationship I fell for was Star and Lisa Carter (Her Mom). Both are cute and lovely. But, I'd like to tell you that Riley and her mom are so cute as well. They're pretty close to each other.⁣
⁣
Bagi kalian yang ingin baca #abadboystolemybra bisa cek akunnya Penerbit Spring karena lagi dibuka POnya. Sambil nunggu bukunya terbit, saya kasih tahu beberapa hal kenapa buku ini dibilang manis.⁣
⁣
🚸 Ada momen dimana Riley sama Ibunya lagi ngintip di jendela dapur bareng. Ngintipin tetangga sebelah yang lagi pindahan. Mereka ini kompak banget ngintipnya 😂.⁣
⁣
💞 Terus, Riley ini sama Ibunya punya kesamaan yang identik. Keduanya seneng banget melemparkan candaan sarkasme dan senang bergurau.⁣
⁣
💕 Pas Ibunya lagi ngelemparin joke sarkas ke dia. Dia langsung tahu kalau Ibunya lagi bagus moodnya. Apalagi saat itu si Ibu tampak lagi mau bikin kue. Riley tahu betul hati Ibunya sedang senang.⁣
⁣
🙈 Ini momen lucu sih buatku. Saat Riley lagi megang handphone mau bales japrian dari temennya. Dia langsung buru-buru naro handphonenya. Gara-gara takut dituduh Ibunya kalo dia tuh gak belajar tapi lagi main hape. I can relate to myself. *kemudian terngiang suara mamak teriak "maen hape terosss."*⁣
⁣
A Bad Boy Steal My Bra karya #laurenprice 📚 301 halaman 📚 Versi Bahasa Inggris 📚 Diterbitkan oleh Ink Road 📚 Baca via #Scribd⁣
⁣
⁣
⁣
#oneweekonebook #ireadya #ireadeverywhere #yabooks #youngadultbooks #alenaslibrary #ebookreader #ebookreview #ebooklovers #bookreviewers #bookrecs #bookrecomendation #igbookreview #bookstagramindonesia #bookishindonesia #bookstagrammers
Adakah di sini yang suka baca buku horor? Atau buku yang punya muatan misteri yang bikin otakmu bekerja demi mendapatkan benang merah dari ceritanya?⁣
⁣
Kisah-kisah Tengah Malam karya Edgar Allan Poe 📒 Diterbitkan oleh @bukugpu 📒 Baca via @ijakarta.id ⁣
⁣
🗒️Buku ini merupakan kumpulan cerita pendek dari maestronya puisi dan cerpen. Allan Poe yang namanya sering dikaitkan dengan kisah horor. Bahkan film berjudul Stonehearst Asylum pun merupakan adaptasi dari karyanya beliau. ⁣
⁣
➡️ Maggie Tjoakin sebagai alih bahasa buku ini. Memberikan kata pengantar yang menyeritakan sedikit tentang Poe. Dia adalah sosok yang sangat mencintai dunia tulis menulis. Saking cintanya, dia tak peduli bahkan ketika dirinya mati dalam kemiskinan. Popularitasnya saat ini tentu tak lepas dari perjalanan panjang Poe menjadikan karyanya memiliki ciri khas tersendiri.⁣
⁣
🔪 Cerita pertama dibuka dengan cerita seseorang tanpa nama dan sepertinya tanpa gender. Yang merasa benci melihat mata seorang lelaki tua yang tinggal seatap dengannya. Katanya, dia benci karena mata itu mirip mata setan. Tak hanya itu, si narator mengatakan kalau dia tidak gila. Namun, bisa mendengar suara detak jantung bahkan suara dari neraka sekalipun. Kukatakan padamu, Poe mengemas cerita tentang pembunuhan dengan cara berbeda. The real horror buatku. Karena saat membaca bagian akhirnya mata saya terbelalak dan merasa....entah. ⁣
⁣
⛈️ Kisah lain yang membuat saya  merinding adalah cerita yang berlatar di Norwegia. Tentang badai Moskoe-störm yang cukup menegangkan. Mengisahkan seorang pelaut yang berhasil lolos dari cengkraman maut saat diempas badai. Bagaimana tidak ngeri? Kapal yang mereka tumpangi sudah menggantung di bibir jurang. Sementara Ia dan Kakaknya berpegangan pada sesuatu yang ada di dekat mereka. ⁣
⁣
🌪️Gambar ilustrasi bagaimana badai ini ada di gambar berikutnya. ⁣
⁣
🌛Membaca kisah pendek dalam buku ini. Membawa kengerian yang memiliki beragam bentuk. Ada kengerian akibat membaca kisah pembunuhan. Kengerian akibat melihat lukisan yang tampak hidup. Kengerian akan pertanyaan mengenai eksistensi. Dan ragam kengerian yang ternyata banyak sekali bentuknya.⁣
⁣
I recommend you to read this book :)
"THINK OF AN IDEA FOR WORLD CHANGE AND PUT IT INTO ACTION." ~ Pay it forward⁣
⁣
After read the quote what is the first thing that came across your mind? ⁣
⁣
Buku kedua di bulan April menjelang Ramadhan tiba yang bertemakan 'Kebaikan'.⁣
⁣
🎬 Jika kalian seperti teringat sesuatu usai membaca judul buku ini. Selamat! Mungkin kalian pernah menonton filmnya sekitar tahun 90-an. ⁣
⁣
📚 Ini pun pertama kalinya saya tahu kalau film tersebut ternyata diangkat dari buku. Dimana, ide atau inspirasi buku ini merupakan pengalaman yang pernah dirasakan oleh sang penulisnya. Diungkap di halaman pembuka yang membuat saya merasa terharu dengan apa yang pernah dialaminya.⁣
⁣
❤️ Bagi kalian yang mungkin tengah merasa jengah dengan keributan paska pemilu. Hingga merasa, sepertinya lelah berhadapan dengan manusia. Bacalah buku ini dan pahami bahwa di luar sana masih banyak orang yang mau berbuat baik. ⁣
⁣
🌺 Jika belum bertemu dengan orang baik? Maka buatlah kebaikan itu sendiri. Ciptakan sendiri kebaikan versimu yang bisa membawa kebahagiaan dalam dirimu sendiri.⁣
⁣
🎊 Pay it forward sebuah novel yang berkisah tentang kebaikan. Seorang anak terinspirasi dari apa yang diterangkan oleh gurunya. Kemudian, berusaha untuk melakukan kebaikan pada banyak orang. Dan, anak itu telah mengubah banyak orang termasuk sang guru.⁣
⁣
🍂 "small acts of kindness changing people in small ways"⁣
⁣
Pay it Forward - Catherine Ryan Hyde 🌼 288 halaman 🌼 Diterbitkan oleh #simonschuster 🌼 Baca di #Scribd⁣
⁣
 #alenaslibrary #ebookreader #igbookreview #reader #igbooks #bookworm #oneweekonebook #instabooks #bücherliebe #booktography #bibliophile #booknerd #bookaholic #bookgram #livres #yabooks #bookphotography #ireadya #booklove #payitforward
Happy world book day 🎉🎊 my bookish friends. How is it going so far? Have you discover something new? I just finished Jennifer's novel, the title is Together at Midnight. The story mentioned something about Bystander Syndrome. And I realized that I ever heard about this thing but haven't had any chance to dig it up yet. ⁣⁣
⁣⁣
It was such a light reading about Kendall and Max, they had witnessed an accident that made two of them thought about something. They were feeling guilty for doing nothing. After that day, Max and Kendall promised to do some kindness to random people.⁣⁣
⁣⁣
And actually, that's the hardest thing to do. You are a stranger, totally stranger to another and while you are asking someone do they need some help, it would end up in a bad shape. They would think something bad about you like, maybe you're a robber or another sober person. And both of them actually have a hard time while trying to give some help to the other.⁣⁣
⁣⁣
It has multi-point-of-view that packed in different chapters. After all, even though I couldn't tell you a lot that this was such a good book but I didn't like it. But, I'm still happy because I could finish this book before the end of this month.⁣⁣
⁣⁣
Together at Midnight by Jennifer Castle 🌼 352 pages 🌼 Published by Harperteen 🌼 Read on #Scribd⁣
⁣
 #alenaslibrary #bookreview #ebookreader #Bookstagram #oneweekonebook #bookcommunity #readersofig #readersofinstagram #booklove #bookaccount #bookaddict #booksofinstagram #bookpile #booklife #bookworm #bookspines #bookaholic #coverlove #beautifulbooks #instaread #fiction #ilovereading #bibliophile #booknerdigans #jennifercastle #togetheratmidnight
What books that you find really interesting because the story having relevance to the current situation?⁣
⁣
Bekisar Merah Karya #AhmadTohari 🌼 Penerbit @bukugpu 🌼 Dibaca melalui @ijakarta.id 🌼 #oneweekonebook ⁣
⁣
Ini adalah kisah yang terjadi di desa Karangsoga yang masyarakatnya bekerja sebagai Penyadap Nira. Kisah dibuka dengan gaya penulisan yang hampir sama dengan novel Tohari yang lainnya, yang sudah saya baca, Orang-orang Proyek.⁣
⁣
Kisah dibuka dengan penggambaran alam sekitar yang demikian detailnya. Kemudian, merembet semakin luas ke penggambaran alam melalui mata seorang lelaki bernama Darsa. Ia sedang gundah gulana akibat hujan turun yang tiada berhenti. Masalah yang kerap terjadi jika hujan tak kunjung henti. Nira yang sudah ada di wadah penampung bisa busuk dan tak dapat dipanen kemudian diolah. Berarti tidak ada pemasukan untuk keluarga mereka. Ini adalah kegalauan yang cukup membuat Darsa gundah.⁣
⁣
Kemiskinan di Desa Karangsoga ini digambarkan dengan cukup ringan tanpa membuat para karakternya harus memelas dan meminta belas kasih. Potret kehidupan sehari-hari mereka direkam dengan sederhana. Namun, yang membawa daya pikatnya justru dari konflik yang terus berkembang hingga menyeret banyak pejabat di negeri yang cukup kita kenal.⁣
⁣
Namun, ada sesuatu yang membuat saya tertegun usai membaca novel ini. Kehadiran listrik dan pembangunan tiang-tiang serta kabelnya. Harus merubuhkan puluhan bahkan mungkin ratusan pohon kelapa milik para penyadap Nira. Demi pembangunan Listrik Masuk Desa yang kemudian membawa saya pada keterkaitannya dengan film Sexy Killers yang beberapa hari ini tengah banyak dibicarakan.⁣
⁣
Pada film tersebut pun cukup jelas ditayangkan. Bagaimana pembangunan PLTU ini membawa banyak akibat bagi rakyat kecil. Seolah kemiskinan tak cukup menyiksa mereka. Namun, yang saya tanyakan, kapan tepatnya Ahmad Tohari menyelesaikan tulisan ini? Kenapa masih sangat relevan dengan kondisi saat ini? Saya terpana usai membaca novel ini dan menonton film dokumenter dari Watchdoc. Ternyata, kesemena-menaan terhadap lingkungan dan masyarakat kecil, bukan hal yang baru. Dan masih terus berlanjut, seolah tiada akhir. ⁣
#alenaslibrary #igbookreview