egagology

egagology Follow

Situs tabayyun terbesar di Indonesia - melihat agama dari sudut pandang logika
Follow me on kaskus
https://m.kaskus.co.id/profile/2085070

http://egagology.web.id/

392 Followers  30 Follow

Share Share Share

#sejarah#dakwahpelangi #pelangidakwah#dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu#islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas#dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam#cintasunnah #cintagamis #islammoderat#islammodern #islammilenial #ustadabdulsomad#ustadadihidayat #ustadhananattaki #ustad#ustadfirandaandirja #ustadbasalamah #ustadzfelixsiauw #yukngaji  #egagology #kerajaansriwijayasebenarnyaadalahkerajaanislam
Dalam perjalanan kehidupan,pastilah pernah melakukan kesalahan dan kekhilafan..Memohon maaf adalah jalan terbaik,untuk memperbaikinya🙏🙏🙏 Mohon maaf bila dalam penyajian konten dan pemuatan postingan selama ini..ada yang merasa tersinggung atau sakit hati,baik karena kata kata yang yang tidak pas maupun penyajian isi nya.

Semoga,Romadhon tahun ini lebih baik dari Romadhon sebelumnya..amiiin.. #sejarah#dakwahpelangi#pelangidakwah#dakwahislam#tunjukkanjalandakwahmu#islamcerdas#islamilmiah #dakwahcerdas#dakwahilmiah#logikaislam #cintaislam#cintasunnah #cintagamis#islammoderat#islammodern #islammilenial#ustadabdulsomad#ustadadihidayat#ustadhananattaki #ustad#ustadfirandaandirja#ustadbasalamah #ustadzfelixsiauw#akalsehat #salamakalsehat#muhammadiyah
Loe gak bisa membid'ahkan metode hisab.Karena hisab hanyalah salah satu metode penentuan tanggalan.Sebagai contoh,Loe gak bisa membid'ahkan toa masjid,karena toa hanya sarana.Loe gak bisa membid'ahkan aplikasi musthaf di android.Karena itu hanya sarana.Dan,Loe gak bisa membid'ah kan jam,sebagai penentu waktu Sholat.Padahal hadistnya bilang begini

Dari Abdullah Ibnu Amr Radliyallaahu ’anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ’alaihi wa Sallam bersabda: "Waktu Dhuhur ialah jika matahari telah condong (ke barat) dan bayangan seseorang sama dengan tingginya selama waktu Ashar belum tiba, waktu Ashar masuk selama matahari belum menguning, waktu shalat Maghrib selama awan merah belum menghilang, waktu shalat Isya hingga tengah malam, dan waktu shalat Shubuh semenjak terbitnya fajar hingga matahari belum terbit." Riwayat Muslim. 
Lalu,mengapa sekarang pake hitungan jam,untuk menentukan waktu sholatnya?Jelas karena kemajuan teknologi bukan?Lalu,pertanyaan dasar mulai menggelitik.Kalo Waktu Sholat aja bisa pake metode hisab,kenapa penentuan waktu Shoum,gak bisa di hisab juga?

Wallahu'alam bisshowab

#sejarah#dakwahpelangi#pelangidakwah#dakwahislam#tunjukkanjalandakwahmu#islamcerdas#islamilmiah #dakwahcerdas#dakwahilmiah#logikaislam #cintaislam#cintasunnah #cintagamis#islammoderat#islammodern #islammilenial#ustadabdulsomad#ustadadihidayat#ustadhananattaki #ustad#ustadfirandaandirja#ustadbasalamah #ustadzfelixsiauw #akalsehat #salamakalsehat #muhammadiyah
Pendidikan adalah faktor paling penting untuk memajukan suatu komunitas,ummat,negara dan bangsa.Namun sayangnya,potensi fiksi sebagai salah satu meda pendidikan.Sering di pandang sebelah mata.Padahal,fiksi adalah salah satu media pendidikan yang sangat efektif untuk menanamkan mainset pemikiran pada anak.Dan,kita ketahui,apa yang tertanam sejak kecil.Itulah yang akan mengubah masa depan suatu bangsa.Sayangnya,ummat Islam masih belum terlalu sadar akan potensi ini. Masalah selanjutnya adalah,ntah kenapa sangat sangat jarang ada kisah kisah fiksi buatan para Muslim yang berkualitas dan menarik untuk diikuti.Ada sih,beberapa film yang di khususkan buat anak anak seperti film animasi Nusa dan Rara,misalnya. Namun maaf sekali lagi Gue katakan,sangat tidak menarik.Film ini emang sangat syarat unsur pendidikan.Namun alih alih sebagai sebuah fiksi,justru Film ini lebih bisa di katakan sebagai ilustrasi ceramah.Kesan menggurui sangatlah kental,point konflik ceritanya pun sangatlah standar.Jauh di bandingkan fiksi fiksi ciptaan orang di luar Islam

#sejarah#dakwahpelangi #pelangidakwah#dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu#islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas#dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam#cintasunnah #cintagamis #islammoderat#islammodern #islammilenial #ustadabdulsomad#ustadadihidayat #ustadhananattaki #ustad#ustadfirandaandirja #ustadbasalamah #ustadzfelixsiauw #yukngaji  #nusadanrara #akalsehat #salamakalsehat
Perbudakan adalah hal yang sangat tabu untuk di perbincangkan di zaman modern seperti saat ini,namun ada beberapa anime yang terang terangan membahasnya.Dan bahkan bukan hanya itu,hal ini di bahas bukan dari sudut pandang keburukannya.Dan kita pasinya sudah sangat faham bahwa perbudakan itu sagatlah buruk da hina.Namun,ada kalanya perbudakan justru dianggap sebagai sebuah sol;usi;Itulah alasan mengapa,perbudakan sangat erat dengan peradaban manusia selama berabad abad.Nah.di anime ini,diijelasan secara tersirat.Mengapa Islam tidak secara tegas melarang praktek perbudakan?

https://www.egagology.web.id/2019/04/antara-anime-tate-no-yuusha-no.html

#sejarah#dakwahpelangi #pelangidakwah#dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu#islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas#dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam#cintasunnah #cintagamis #islammoderat#islammodern #islammilenial #ustadabdulsomad#ustadadihidayat #ustadhananattaki #ustad#ustadfirandaandirja #ustadbasalamah #ustadzfelixsiauw #yukngaji #akalsehat
Ntah ada apa dengan kultur di Jepang saat ini?para mangaka dan creator anime berlomba lomba memasukkan unsur unsur keislaman dalam fiksi yang di buatnya.Ntah itu melalui inspirasi,based on sejarah,bahkan sampai ajaran nya pun di masukkan sebagai pesan tersembunyi.Ketertarikan orang Jepang terhadap Islam pun meningkat.Salah satu anime yang sangat populer dan mengambil beberapa ajaran Islam adalah Naruto

https://www.egagology.web.id/2019/04/Ajaran-Islam-yang-tersembunyi-di-dalam-serial-Naruto.html
#sejarah#dakwahpelangi #pelangidakwah#dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu#islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas#dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam#cintasunnah #cintagamis #islammoderat#islammodern #islammilenial #ustadabdulsomad#ustadadihidayat #ustadhananattaki #ustad#ustadfirandaandirja #ustadbasalamah #ustadzfelixsiauw #yukngaji #salamakalsehat
Islam adalah agama pemersatu.Dan dalam intisari Islam itu sendiri adalah persatuan.Namun,persatuan dalam Islam adalah persatuan tanpa adanya pemaksaan prinsip menjadi satu.Karena perbedaan sejatinya juga ialah sunnatullah yang telah di gariskan takdirnya oleh Allah.Islam dalam prinsip persatuan lebih bisa di ibaratkan seperti halnya seorang pengayom atau wali yang bertugas sebagai perangkul segala perbedaan tanpa adanya pemaksaan satu ideologi sehingga mengelimiasi ideologi lainnya.Seperti tertulis dalam Surat Al-Kafirun ayat ke 6,sebuah “Quotes” terkenal dari Allah sang maha pencipta yang di ajarkan pada Ummat Islam untuk bersikap “Lakum Diynukum Waliadin”pada Semua Ummat Manusia.Prinsip inipun akhirnya di ambil sebagai semboyan negara Indonesia yang sangat terkenal di sebut “Bhineka Tunggal ika”
persatuan adalah elemen penting dalam Islam.Pertama yang ingin saya tanyakan adalah,Apa yang pertama Rosul Muhammad fokuskan pada saat ia telah hijrah ke Madinah?bukan merekrut member ataupun membantai kaum kafir.Yang Rosul fokuskan adalah Pemerintahan Islam.Ini sesuai dengan QS. Al Baqarah: 256 yang mengatakan bahwa tidak ada paksaan dalam beragama.Yang diwajibkan dalam Islam adalah berdakwah dan ikhtiar,namun hasil akhir tentu Allah yang menentukan.Dan dalam sejarah,Rosul tak pernah mengisyaratkan Semua orang harus suci dahulu baru di perbolehkan menghadirkan Kekhilafahan Islam.Di zaman Nabi,bahkan kita sering mendengar akan adanya kaum munafik dan khawarij

https://www.egagology.web.id/2019/03/sunnah-rosulullahpersatuan-islam-lebih.html  #sejarah #dakwahpelangi #pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu#islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas#dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam#cintasunnah #cintagamis #islammoderat#islammodern #islammilenial #ustadabdulsomad#ustadadihidayat #ustadhananattaki #ustad#ustadfirandaandirja #ustadbasalamah #ustadzfelixsiauw#yukngaji #akalsehat #salamakalsehat
perang ini sendiri terjadi pada 17 September 1788,melibatkan Austria di bantu oleh negara negara sekutunya seperti Jerman,Italia dan negara eropa lainnya melawan Kekhalifahan Turki yang terkenal tangguh.
.Persiapan pun telah sangat sangatlah matang,pasukan Austria dan sekutunya sendiri berhasil mengumpulkan pasukan sebanyak 100 ribu orang dari berbagai etnis yang bahkan tak berbahasa Jerman ataupun Austria.Persiapan telah di lakukan,dan pasukan pun sangat siap untuk berperang,pasukan besar ini lalu dipimpin sendiri oleh Kaisar Roma,King Joseph II
Menyisakan korban pasukan hingga 10 Ribu korban pasukan dari pihak Eropa.King Joseph pun sebagai pimpinan tertinggi  hingga terjatuh dari kudanya,walaupun akhirnya ia bisa menyelamatkan diri.Setelah itu para pasukan ini pun menarik diri dari peperangan.
Lalu tak berapa lama,Turki yang asli pun tiba di Caransebes.Dan alangkah kaget bercampur bingung nya mereka ketika mereka melihat mayat para pasukan Eropa bergelimpangan disana.Akhirnya,Turki bisa menguasai Caransebes dengan mudah tanpa mengeluarkan satu pelurupun.

https://m.kaskus.co.id/thread/5c506f38b41d304a7e289e6a/the-caransebes-battlepeperangan-paling-kocak-dalam-sejarah  #pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat #islammodern #islammilenial #ustadabdulsomad #ustadadihidayat #ustadhananattaki #ustad #ustadfirandaandirja #ustadbasalamah
Namun,suatu hal yang pasti.Yang namanya Islam tetaplah Islam,persatuan Islam adalah lebih penting dari segala galanya.Argumen boleh beda,pandangan politik boleh beda dan ideologi juga boleh beda.Namun,kebersamaan adalah segalanya.Jangan sampai kita seperti yang di tunjukkan oleh Uchiha Madara dan Harisama Senju,yang sejatinya adalah sahabat sejati dan sehati sejak mereka sejak kecil.Namun,pandangan politik dan ideologi memaksa mereka untuk saling bertarung,beradu jurus dan saling menghantam.

https://m.kaskus.co.id/thread/5c4baa1e8d94d061e3451962/mengenal-quotclanquot-paling-kuat-dan-paling-berpengaruhdi-pemilu-presiden-2019  #pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat #islammodern #islammilenial #ustadabdulsomad #ustadadihidayat #ustadhananattaki #ustad #ustadfirandaandirja #ustadbasalamah #ustadzfelixsiauw#yukngaji
suatu adzab tak akan pernah di turunkan,sebelum di suatu kaum itu di turunkan seorang Nabi.dan Adzab tak akan diturunkan,sebelum adanya persetujuan oleh seorang Nabi.Mana dalilnya?Bisa dilihat pada Hadist riwayat Abu Nu'aim dalam Dalailun-Nubuwwah, hal. 103 dan juga dikutip dalam Fathul Bari 6:198 - dari sumber Ibnu Ishak, Shahjh Bukhari 1:458, dan berita ini dikeluarkan juga oleh Muslim dan Nasa'i.Dimana di kisah itu diceritakan,Malaikat Jibril menawarkan,dengan izin Allah untuk menjatuhkan Adzab pada kaum Thoif dengan cara mengangkat 2 bukit Abu Qubais dan Ahmar ke kota pemukiman mereka.Namun apa yang terjadi selanjutnya? Kita pastinya sudah sama sama tahu karena kisah ini telah dari zaman dulu selalu di ulang ulang dalam cerama agama di manapun.Ya,disana Rosul Muhammad membuat pilihan untuk menolak penawaran Malaikat Jibril tersebut dan malah memilih untuk mendoakan agar,anak cucu mereka bisa masuk dalam barisan kekuatan Islam.Dan doa Rosul itupun dikabulkan Allah.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah,sebuah adzab akan bisa di turunkan bila ada persetujuan ataupun permintaan dari seorang Nabi.

https://www.egagology.web.id/2019/01/apakah-benarbencana-di-indonesia-itu.html  #pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat #islammodern #islammilenial #ustadabdulsomad #ustadadihidayat #ustadhananattaki #ustad #ustadfirandaandirja #ustadbasalamah
Sehingga kebiasaan/tradisi lama orang Romawi untuk merayakan hari kelahiran Dewa Matahari tetap bisa di rayaka dengan mengubah namanya menjadi "hari kelahiran Yesus" Dalam karya monumental, “The Two Babylons” Rev. Alexander Hislop (1858) menulis: “Bahwa hari raya Natal berasal-usul dari perayaan berhala (Paganisme) sangat tidak diragukan lagi. Penentuan waktu dan upacara-upacara di dalamnya yang masih dirayakan sampai hari ini membuktikan asal usul itu. Di Mesir, anak Isis, dewi yang dikenal sebagai ratu surga, dilahirkan pada masa-masa Natal. Sekitar saat titik balik matahari di musim dingin”.Jadi sudah jelaslah bahwa,tanggal 25 Desember bukanlah hari kelahiran Nabi Isa,melainkan hari kelahiran Dewa Matahari yang sudah pasti sangat sangat bertentangan dengan konsep kepercayan Agama Islam
Dan bicara tentang toleransi,sudah seharusnya seorang yang bertoleransi harusah bisa menghormati keyakinan yang dianut dan di miliki oleh orang lain,ya kan?Bukan malah memaksakan keyakinan diri sendiri pada orang lain dengan  berlandaskan pada suatu kata bernama "Toleransi" 
https://www.egagology.web.id/2018/12/Fakta-mengcengangkan-di-balik-alasan-mengapa-Muslim-dilarang-mengucapkan-selamat-natal-pada-orang-Kristen.html

#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat #islammodern #islammilenial #ustadabdulsomad #ustadadihidayat  #ustadhananattaki #ustad #ustadfirandaandirja #ustadbasalamah
Dari beberapa anime ,ada beberapa anime yang menyisipkan beberapa ajaran ideologi dan ajaran dasar Islam didalamnya.Walaupun merknya tak secara gamblang disebut.Mungkin ditakutkan akan menjadi SARA,namun semua pesan itu sangatlah jelas apa yang ini di sampaikan sang pembuat anime tersebut.
Diantara daftar list anime yang pernah ane tonton,mungkin hanya Anime Arslan senki dan Shoukaku no Altair saja yang secara jelas mengambil latar budaya peradaban timur tengah sebagai background ceritanya,disamping karena kesamaan genre ceritanya yang mengambil genre historical fantasy.Hal yang mungkin sedikit menonjol dan ingin di sampaikan oleh sang pembuat cerita ini adalah tentang sejarah perang salib dan konsep perbudakan dalam Islam.

https://m.kaskus.co.id/thread/5b1fbb23d89b097c1c8b4567/anime-anime-ini-bakal-ngajarin-kamukonsep-islamlho/

#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat
#islammodern #islammilenial