egagology

egagology Follow

Situs tabayyun terbesar di Indonesia - melihat agama dari sudut pandang logika
Follow me on kaskus
https://m.kaskus.co.id/profile/2085070

http://egagology.web.id/

71 Followers  412 Follow

Share Share Share

Celakanya lagi banyak dari masyarakat kita yang ikut ikutan terpengaruh menyesatkan orang-orang ini,Tanpa mengetahui,sebenarnya apa yang menyebabkan mereka dikatakan sesat?.Untuk itulah,dalam artikel ini saya akan mencoba untuk Mengupas tuntas ajaran HTI dengan bahasa yang Insya Allah ilmiah dan mudah di mengerti.  Pertama,Problem utama dari permasalahan HTI ini, sebenarnya adalah sikap paranoid kita terhadap mereka.Seperti halnya,kalo zaman dulu tuh.Kita akan sedikit paranoid bila ngeliat seseorang memakai cadar,karena kalo zaman dulu identiknya orang yang bercadar itu adalah keluarga teroris.Itulah,doktrin yang secara tak sadar kita terima mentah mentah begitu saja.Nah,mungkin hal ini sama juga halnya dengan HTI.Entah karena alasan apa,sepertinya ada beberapa ormas Islam yang terlalu paranoid dengan hal hal yang berbau HTI.Dan,puncaknya adalah kasus pembakaran Bendera Tauhid pada peringatan hari santri beberapa waktu yang lalu.Namun,bila kita coba telisik lebih dalam.Sebenarnya tak ada alasan pasti kenapa kita harus paranoid pada HTI?Sejauh yang ane dapatkan infonya,tidak ada satu kasus terorisme dan radikalisme atau kudeta apapun yang ikut menyeret organisasi mereka.Satu satunya yang bisa di lihat adalah,mereka bersama FPI emang paling getol melakukan demo pada saat kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok,mencuat.Karena itulah,ane juga bingung kenapa kita harus takut pada HTI?

https://www.egagology.web.id/2018/11/mengupas-tuntas-ajaran-hti.html

#tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat
#islammodern #islammilenial #hijrah #istiqomah #beranihijrah #yukngaji #remajaislam #remajamasjid #felixsiauw #hananattaki #adihidayat #ustadabdulsomad
Tak ada yang aneh dengan peradilannya,namun ada satu yang berbeda dengan, proses peradilan di Indonesia.Yaitu,penundaan keputusan yang bisa memakan waktu bertahun tahun.Mengapa?

Karena,tersangka di berikan waktu yang cukup untuk membela diri dan menunjukkan bukti dan alasan mengapa dia melakukan kejahatan.Karena,sistem peradilan di Arab sangatlah berhati hati dalam memutuskan perkara.Disamping itu,juga untuk memberi waktu pada keluarga dan ahli waris korban untuk meredakan emosi dan mendinginkan keadaan untuk tetap bisa berfikiran jernih.Karena keputusan hakim juga bergantung pada keputusan ahli waris korban,apakah mereka mau memaafkan pelaku atau tidak

https://www.egagology.web.id/2018/07/melihat-lebih-jauh-sistem-peradilan_4.html

#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat
#islammodern #islammilenial #hijrah #istiqomah #beranihijrah #yukngaji #remajaislam #remajamasjid #felixsiauw #hananattaki #adihidayat #ustadabdulsomad
Sumpah pemuda,dalam sejarahnya tak lebih dari gerakan politik untuk menentang kekuasaan Belanda dengan membuat tandingan nama wilayah yang pada saat itu familiar disebut sebagai Hindiia Belanda.Namun,sebenarnya kalau kita telaah emang sangat absurt.Mengapa begitu,karena konsep ini menganggap bahwa semua suku,agama dan ras di Indonesia adalah sama.Okelah,itu konsep yang sangat brilian di atas kertas dan secara teori.Namun pada kenyataannya dan penerapannya,konsep ini pastilah mesti ada suatu pengikat yang kuat dalam penerapannya.Dan yang paling memnbuat ane berfikir.inilah sebab musabab yang paling masuk akal dari negara Indonesia.Mengapa Indonesia tak akan pernah bisa seratus persen utuh dan bersatu adalah dasar dari persatuan Indonesia itu sendiri.Okelah,kalau kita berbicara pada masa “sumpah pemuda” ini di buat,keinginan kuat untuk bersatu karena kesamaan “terjajah oleh bangsa lain”dalam hal ini,adalah Belanda.Itu adalah hal yang sangat masuk akal sekaligus sedikit absurt.Dan sepertinya emang,para pendahulu pendahulu kita ini bisa dikatakan kurang telitu atau terlalu menggebu gebu untuk hanya sekedar menginginkan rasa kebebasan dari para penjajah.Namun,melewatkan hal paling dasar dari kemerdekaan yang sebenarnya.

Read more https://m.kaskus.co.id/thread/5bd9837354c07aef268b456b/sumpah-pemuda-menurut-anetak--hanya-bermakna-persatuan

#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis
Mukjizat,kata ini dalam beberapa hari ini sering sekali terdengar pada siaran televisi akhir-akhir ini.Khususnya pada pemberitaan Musibah yang berturut turut terjadi di Indonesia.Semakin jelas ketika pada senin lalu,ada terjadi kecelakaan Pesawat yang jatuh ke laut.Banyak dari keluarga korban,yang ketika ditanya harapannya.Mereka mengatakan “masih berharap adanya Mukjizat”.Namun,bagi ane yang mendengarkan kata kata itu seolah sedikit sangsi dan terasa aneh dengan kata-kata yang menurut ane,kurang tepat untuk di katakan.Seolah olah,Mukjizat di ibaratkan sebagai sebuah keajaiban dan sesuatu yang di luar kebiasaan dan sesuatu yang luar biasa.  Padahal,dikutip dari wikipedia secara bahasa Kata mukjizat berasal dari kata bahasa Arab yang berarti melemahkan, kata 'ajaza' yang berarti lemah 
read more

https://www.egagology.web.id/2018/11/kesalahpahaman-kitatentang-mukjizat.html

#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #hijrah #istiqomah #beranihijrah #yukngaji #remajaislam #remajamasjid #felixsiauw #hananattaki #adihidayat #ustadabdulsomad
Secara mengejutkan pada tahun  ini.Arab Saudi membuat sebuah gebrakan luar biasa dalam bidang per olahragaannya.khususnya di bidang esport.pada bulan maret 2018 lalu,muhammad bin salman sebagai seorang jang ditunjuk sebagai putra mahkota resmi arab saudi,membentuk federasi resmi esport di arab saudi.federasi ini bernama saudi arabian federation for electronic and intellectual sports (safeis).tentu saja berita ini sangat menggembirakan para gamer di arab saudi.hal ini semakin berdampak pada semakin meningkatnya minat para generasi muda di arab saudi untuk semakin mendalami cabang olahraga satu ini.Selain Arab Saudi,ada juga UAE dan Yordania yang telah lebih dulu membentuk federasi mereka pada tahun 2017 lalu.. cabang olahraga E -Sport emang sudah mewabah untuk semua kalangan.Bahkan di negara Timur Tengah sekalipun

https://m.kaskus.co.id/thread/5bcbe812582b2e54308b4567/5-fakta-paling-menggemparkan-jagad-e-sport-di-timur-tengah
#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat
#islammodern #islammilenial
Membahas ilmu ilmiah dan logika,apa itu sebenarnya?menurutWIKI metode ilmiah adalah Suatu metode untuk mencari pengetahuan baru dapat disebut sebagai pengetahuan ilmiah jika melibatkan metode inkuiri yang berdasarkan pengamatan rigor pada bukti empiris atau data terukur sesuai prinsip penalaran yang berlaku.Dan dalam konsepnya,metode ilmiah haruslah memiilki kausalitas sebagai dasar dan inti dari metode ilmiah.Dan kalo bicara metode ilmiah,pastilah kita juga akan menyinggung logika.Karena ilmiah sendiri adalah berprinsip pada penalaran logika.

Dalam perkembangannya,ilmu logika memiliki perkembangan yang signifikan dan berevolusi menjadi lebih baik.Sebagai contoh,di zaman dahulu mungkin tak ada yang dapat memikirkan bahwa kita dapat berpergian dari arab ke Indonesia hanya dengan hitungan jam saja.Atau,mungkin juga tak ada yang bisa memembayangkan kalo di zaman ini seseorang yang berada di tempat sejauh apapun.Masih bisa terhubung dengan perangkat komunikasi seperti aplikasi chatting dan telepon,dan bahkan bisa betatap muka secara langsung dengan memanfaatkan aplikasi video call.

Jelas saja,kalo kita hidup di zaman dulu.Sudah jelas pastinya kita akan menganggap itu semua tidaklah logis dan tak masuk di akal.Mengapa?karena keterbatasannya keilmuan dan peradaan pada zaman itu.Nmun,karena itu jugalah kita di zaman ini menjadi sadar bahwa  sesuatu yang dikatakan tidak logis di zaman ini,bukan tidak mungkin akan menjadi logis di masa depan.Karena perkemabangan keilmuan dan pengetahuan.

Begitu pula dengan hal-hal yang “dikatakan” tidak logis dalam hal agama.Sejujurnya,orang- orang yang mengatakan tidak logis itu.Tak lebih dari seseorang yang tidak bisa berfikiran maju dan berpandangan pada pemikiran orang di masa depan.Mengapa?karena sejujurnya,sesuatu dikatakan logis dan tak logis itu hanyalah masalah waktu dan tidak bisa dipastikan ketetapan dan kepastiannya.

https://www.egagology.web.id/2018/10/membahas-ilmu-ilmiah-dan-logikaapa-itu.html?m=1

#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat
#islammodern #islammilenial #hijrah #istiqomah
Atheis,sejatinya adalah kumpulan orang orang yang berputus asa dari rahmat Allah.

Wallahu'alam

#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat
#islammodern #islammilenial
Benarkah begitu..?
Tentu saja salah... Karena,Allah memerintahkan penyembelihan itu karena nazar Nabi Ibrahim sendiri... Berikut kisahnya

Pada suatu hari, Nabi Ibrahim as menyembelih kurban fisabilillah berupa 1.000 ekor domba, 300 ekor sapi, dan 100 ekor unta. Banyak orang mengaguminya, bahkan para malaikat pun terkagum-kagum atas kurbannya. “Kurban sejumlah itu bagiku belum apa-apa. Demi Allah! Seandainya aku memiliki anak lelaki, pasti akan aku sembelih karena Allah dan aku kurbankan kepada-Nya,” kata Nabi Ibrahim AS, sebagai ungkapan karena Sarah, istri Nabi Ibrahim belum juga mengandung.

Wallahu'alam bissawab

#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat
#islammodern #islammilenial
hadits Buraidah radhiallahu’anhu, ia berkata:

خرج رسول الله صلى الله عليه و سلم في بعض مغازيه فلما انصرف جاءت جارية سوداء فقالت يا رسول الله إني كنت نذرت إن ردك الله صالحاً –وفي رواية: سالماً- أن أضرب بين يديك بالدف وأتغنى فقال لها رسول الله صلى الله عليه و سلم إن كنت نذرت فاضربي وإلا فلا فجعلت تضرب فدخل أبو بكر وهي تضرب ثم دخل علي وهي تضرب ثم دخل عثمان وهي تضرب ثم دخل عمر فألقت الدف تحت استها ثم قعدت عليه فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم إن الشيطان ليخاف منك يا عمر “Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pergi untuk berperang. Ketika beliau pulang, ada seorang budak perempuan berkata kepadanya, ‘wahai Rasulullah, aku bernadzar jika engkau pulang dalam keadaan sehat (dalam riwayat lain: selamat) aku akan menabuh duff untukmu sambil bernyanyi’. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berkata kepadanya: ‘Kalau engkau memang sudah bernazar, lakukanlah. Jika tidak maka jangan lakukan’. Akhirnya ia pun memainkan duff. Lalu Abu Bakar datang dan ia masih memainkannya. Ali datang, dan ia masih memainkannya. Utsman datang, ia masih memainkannya. Namun ketika Umar datang, rebana itu dilempar ke bawah dan sang budak wanita pun duduk. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: ‘Sungguh setan itu akan takut kepadamu wahai Umar’” (HR. Tirmidzi)

Kesimpulan yang bisa di ambil adalah,hukum Musik tidak sampai pada derajad haram.Karena sudah jelas,bernazar dengan sesuatu yang Haram itu tidak diperbolehkan.Apalagi di kerjakan.
Lalu,mengapa Rosul mengatakan Musik itu sama dengan syaiton..? Karena,pada zaman Rosul.Musik itu sangat dekat dengan yang namanya perbuatan Maksiat.

Wallahu'alam bisshowab

#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat
#islammodern #islammilenial
Sebagai contoh
Ente selalu pake Gamis atau cadar setiap saat.Namun Bila niat ente melakukan itu untuk melaksanakan sunnah Rosul dan untuk melaksanakan syariat Islam.Maka hukumnya adalah,ente telah melakukan bid'ah.Lah kenapa?

Karena,Rosul tak pernah memerintahkan kita untuk selalu memakai Gamis dan Cadar kok.

Dan itu bukanlah bagian dari sunnah.
Yang Rosul perintahkan kepada kita adalah,agar kita selalu menutup aurat.Dan,batas auratnya pun sudah sangat jelas di jelaskan oleh Rosul kan?

Untuk,model atau bentuk penutup auratnya sendiri? terserah saja... bebas... Mau pake bentuk Gamis kek,jas kek,songket....Atau bagi yg akhwahnya,pake cadar...terserah

gak masalah,selama diniatkan melakukan itu bukan sebagai ibadah atau sedang menjalankan Sunnah.. Wallahu'alam Bisshowab

#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat
#islammodern #islammilenial
Dalam kata AlQuran,yang dimaksud سُنَّة adalah bermakna ketetapan,peraturan,anjuran dan larangan.

Ini terlihat pada AlQuran QS. Al-Hijr [15]:13:6

لَا يُؤْمِنُونَ بِهِ ۖ وَقَدْ خَلَتْ سُنَّةُ الْأَوَّلِينَ

mereka tidak beriman kepadanya (Al Quran) dan sesungguhnya telah berlalu sunnatullah terhadap orang-orang dahulu.

Disini,telah di bold bahwa
Sunnatullah di tafsirkan sebagai ketetapan/peraturan Allah

Dengan kata lain,penafsiran ini juga berlaku pada kata

SUNNATURROSUL

Yang bisa di tafsirkan sebagai Ketetapan/peraturan/anjuran dan larangan Rosul.

Selain dari itu?

Bukanlah dikatakan sebagai SUNNAH

Wallahua'lam Bisshowab

#pelangidakwah #dakwahislam #tunjukkanjalandakwahmu #islamcerdas #islamilmiah #dakwahcerdas #dakwahilmiah #logikaislam #cintaislam #cintasunnah #cintagamis #islammoderat
#islammodern #islammilenial #hijrah #istiqomah #beranihijrah #yukngaji #remajaislam #remajamasjid #felixsiauw #hananattaki #adihidayat #ustadabdulsomad
GNPF-U secara Resmi telah merekomendasikan Ustadz Abdul somad dan Salim Segaf untuk menjadi calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto pada pemilu 2019 mendatang.Bagi ane,ini adalah petanda baik dan pertanda akan adanya kebangkitan Indonesia di masa depan.Semua Ummat Islam,kini telah sadar bahwa persatuan Islam adalah sesuatu yang terpenting melebihi apapun.Dan telah Jelas kan?Persatuan dan kesatuan adalah Visi dari Negara Indonesia untuk Menjadi maju.Seperti tertuang dalam Idiologi Islam bernama Pancasila sila ke 3

TERUS SUPPORT KAMI,DENGAN CARA FOLLOW DAN LIKE FANSPAGE KAMI

terima kasih

#dakwah #pelangidakwah #tunjukkanjalandakwahmu #dakwahislam