LIFE STYLE BLOGGER

LIFE STYLE BLOGGER Follow

•Perempuan Jawa sedang numpang hidup di Belanda
• Gemar menulis dan membaca juga masih terus belajar menuju jalan yang lurus
• Blogger | Penulis

http://www.ngampungdolan.com/

982 Followers  172 Follow

Share Share Share

Bikin rawon tanpa kloewek itu ..
Seperti bikin rumah tanpa pondasi ..
Yo ambruk 😅 cak!

Di Belanda .. sepertinya bukan Belanda lagi deh .. tapi Indonesia cabang Belanda 😅😂 .. lah semuanya ada disini .. mau tahu, tempe, daun singkong, pete sampe tape singkong pun ada yang jual .. Meski rasa dan harganya koyo bumi karo langi alias mihilll bin mahal hehe untuk ukuran orang Indonesia lah ya .. Naah adem adem gini paling enak masak yang kuah kuah anget semacam soto, bakso, rawon, sop buntut, sop ayam, apalagi sate gule kambing .. duh nak!
Nyaman ongguh 😁

Yang saya heran ..
Bagaimana ya nenek moyang kita bisa ngerti kalo nyampur kloewek, sereh, bawang putih, bawang merah, tumbar, dan bumbu genep plus daging itu bisa jadi masakan enak semacam rawon ini ya?! Duh gusti ..
Memang Indonesia kaya raya .. iki masakan ruwet wong Londo mosok ngerti .. paling paling masak ayam bumbu uyah merica item 😂😂 Kamu masih ga bangga jadi orang Indonesia? Eh jadi orang Jawa ding 😘😘😘 Oh ya .. sampai sekarang aku belum pernah lihat pohon luwek .. #indonesiakaya #reseprawon #kulinerindonesia #supdaging #indischekoeken #kloewek #kluwak #kluwek #beautiful #love #rawonjawatimur #makanenak #livinginnetherlands #indonesian #cullinary
Once upon a time ... Seperti aliran sungai menuju muara
Membawa kejernihan air gunung
Segar pun menyejukkan
Meski melewati parit-parit kotor
Mengeruhkan air

Tetap saja
Dingin membasahi sudut ruang
Celuk curam hingga dasar kali
Tak berubah

Sejuk .. Bersih dan mengalir
Melewati masa
Silih berganti

Air ...
Aku tetesan embun

#puisi #air #water #lifequote #kehidupan #whotelamsterdam #amsterdamlife #livinginnetherlands #lifestyle #urban #poem #poet #poetry #matahari #tirtawana #jawa
Belajarlah dari alam tentang kehidupan ..
Begitu kata bijak yang sering kita dengar,
Padahal siapa sih alam itu sebenarnya?

Salah satu hal yang bisa kita pelajari adalah perubahan cuaca .. Kalau pas di Indonesia yang kita tahu musim panas dan musim hujan .. ya kan?
Tanpa mencermati perubahan suhu dari hari ke hari .. tau tau udah panas aja .. tau tau udah dingin aja .. seperti hatimu 😜 dingin dan sepi 😂

Nah kan di Belanda ada empat musim .. dan kebiasaan orang-orang disini, mungkin di Eropa pada umumnya, setiap hari selalu ngecek suhu berapa, mendung apa cerah, berawan apa sunny 🌞 .. Karena kami yang tinggal disini harus menyesuaikan baju dan perlengkapan tubuh apa yang harus dipakai ketika keluar rumah ... Truss .. saya baru sadar bahwa PERUBAHAN musim itu tidak terjadi sak deg sak nyek .. artinya Tuhan benar-benar "memasukkan masa demi masa" perubahan suhu begitu detail dan sempurna.

Dari yang suhu 25 derajat .. diturunkan ke belasan derajat .. kemudian dalam satu bulan saja .. dari belasan derajat, kadang turun kebawah 10 derajat .. tapi nanti naik lagi ke belasan .. Ganti bulan mulai dibawah 10 derajat, baru deh dibawah 5 derajat ... lalu agak semriwing es mulai tampak di permukaan .. sampai akhirnya turun salju!

Semua dipersiapkan dengan sempurna 😍 tanaman, tanah, binatang, apalagi manusia, meski kadang manusia merasa paling pintar juga sombong bahwa semua adalah hasil usahanya tanpa tangan Tuhan.

Duh .. kebayang kan? PERUBAHAN musim aja butuh waktu, apalagi perubahan nasibmu 😝 .. yang ingat Tuhan aja kalo pas susah .. hmm #mikirdewe 
Jadi ..
Untuk kita nih yang lagi berusaha .. apapun itu .. bersabar ya jika perubahan belum juga nampak 😍😘 .. santai men .. semua akan indah pada waktunya 🌞

Happy weekend!
#winter #cerpen #renungan #puisi #sajak #belandastory #livinginnetherlands #love #happy #mood #indonesian #photostory #streetphotography
Maka nikmat Tuhan yang mana lagi engkau dustakan ..? Caption yang umum sliweran di medsos ketika posting makanan, liburan, ibadah umroh, pergi ke masjid .. atau pas lagi masukin uang recehan ke kotak masjid 😅

Sirik? Nyinyir ..? Ya terserah elu deh .. (begitu jawaban yang juga lagi viral hehe)

Lalu ..
Ketika menyatut sebuah ayat ..
Apakah diri ini benar benar memahami? Atau hanya ingat Tuhan kalo pas lagi nikmat nih.. #ehlambe 😝😜 Nah..
Kalo lagi susah status/captionnya beda lagi 😂

Oh ManSos .. manusia sosmed jaman enau 😁

Tapi sumpah .. Makan tahu goreng sambel petis dan nyeplus cabe rawit plus krupuk itu nikmaaaaaat bangett .. Karena berasa banget mulai beli tahu, cabe, krupuk mentah, petis dan kecap manis endonesiyah yang lumayan susah dapetnya .. sampe goreng dan bikin ramuan petis (susah karena nyari 🤣 kalo beli di toko asia mah gampang hehe)

Bayangkan menikmati tahu goreng ini kalo di Indonesia ga perlu repot .. tinggal beli aja di alun alun Bondowoso .. apalagi sampe Tamanan .. tahoooo cong!

Wuenaak!! #vegan #tofu #dietketo #tahupetis #tahugoreng #makananindonesia #krupuk #kroepoek #happy #cookingwithlove #masak #produkindonesia #livinginnetherlands #indischekoeken #koeken #gebakentofu #pitig #petisudang #dietmulaibesok
Ada banyak hal yang mungkin engkau temui dalam kehidupan
Tapi tak berdaya kau mengelak... Menyepi dalam keributan
Terkadang menjadi pengobat
Resah

Alihkan pandangan
Pada salju
Kala mata, telinga dan hati
Bergumul dalam bara

Menepi ... #poets #poems #puisicinta #sajakcinta #puisi #sastra #indonesia #utrecht #livinginnetherlands #utrechtlive #urban #lifestyle #supermall #photography #city
Menggunting waktu
Entah sejak kapan manusia pandai sekali bermain main dengan waktu..
Seolah tak ada harga yang harus dibayar
Ketika waktu terbuang sia sia

Tuhan saja pernah bersumpah
Demi Masa ... Lalu
Kemanakah kau lewati
Masa masa berlalu ... Sumpah aku
Merugi!

Utrecht, 13 November 2018

Foto diambil ketika main main ke museum Jam di Zaandam .. #masa #waktu #museum #zaandam #zaanseschaan #livinginnetherlands #kelilingbelanda #puisi #poem #poets #poetry #hidupbahagia #semakinbahagia #museumjam #moment
Udah mulai musim hujan bentar lagi juga musim salju... Biasanya ga sabar nahan pipis 😅 untung ada toilet di stasiun .. so bisa numpang pipis, ada juga di pom bensin ya tapi semuanya bayar heuheuheu .. Geen Gratis! Alias Gak Gratis .. pipis di Belanda 50 cent trus nanti tiketnya bisa dibuat voucher diskon di KiosK buat beli kopi atau jajanan 😘😘 Eh kalo di kereta intercity juga ada WC nya loh .. bisa numpang disitu .. tapi saya belum pernah hahahaha

Oh ya jangan lupa bawa air dalam botol buat cebok 😂 .. meski tinggal di Belanda .. kelakuan saya masih tetep kok hahaha gak syah kalo ga kena air .. Selamat pagiiiii 
#toilet #wcumum #sanitary #travelling #tripeurope #kelilingbelanda #budget #solotrip #livinginnetherlands #happy #life #morningcall
Museum Bier Heineken mungkin tidak menarik bagi anda yang bukan penikmat minuman haram 😜

Tapi .. apa salahnya mengunjungi museum ini untuk belajar tentang sesuatu yang diharamkan dalam ajaran agama Islam ... Bier yang sudah mendunia ini juga dibuat dari bahan halal ciptaan Tuhan .. prosesnya saya yakin juga mendapat ilmu dari Tuhan .. Yang menjadikan ia haram .. karena memabukkan 😘 .. trus kalo nenggak bier tapi gak mabuk .. halal dong? 😅

Tanya mas @heyalid yang gemar mabok 🤣

#bier #heinekenexperience #beer #arakjowo #museum #bottle #fermented #travelling #tourism #amsterdam #livinginnetherlands #indonesian #kelilingbelanda #europetrip #beautiful #life #happy #bierhalal
Frekuensi dan getaran yang selaras HANYA akan mempertemukan orang-orang seirama

Selamat Menikmati Hari Senin
Entah itu mendung, hujan, berawan atau cerah.. Enjoy aja 😁
Sabtu mendung
Dingin menusuk nusuk jari
Angin dingin terbawa rintik hujan
Menyapu lembut pipi

Aku
Menunggu mu
Bawakan setangkai cinta
Dalam pelukan ...
Almere, 10 November 2018

Selamat Hari Pahlawan Indonesia 😘
#rain #november #hidup #livinginnetherlands #hujan #novemberrain #puisicinta #poems #poetry #happy #love #cinta
Kereta aja bisa jalan beriringan meski ga sejalan .. Lah kamu Manusia .. masak gak bisa damai sih 😝

Beda pendapat boleh .. tapi ga harus bentrok apalagi sampe perang .. duhh!

Indonesia Bersatu 😘

#kereta #indonesiabersatu #bhinekatunggalika #hiduprukun #sentosa #damai #livinginnetherlands #indonesian #quotes #beautiful #life #november2018 #winter
Ini loh yang bener .. Generasi Micin Vs Gen. VETSIN 🤣 .. akhirnya ketemu siapa dalangnya 😅

Wis ojo tukaran ae @heyalid @alidabdul  perkoro mecin ... micin .. vitsin .. Yang jelas aku micin padamu 🤣🤣
#msg #ajinomoto #vetsinasli #micinasli #masak #resepsehat #resepmasakan #bumbu #indonesia #sasa