N. F. Rasidi

N. F. Rasidi Follow

http://pharmatography.com/

1,175 Followers  862 Follow

Share Share Share

Jawaban dari pertanyaan,
.
.
.
"Nurul resign ke mana?". Kenalkan, Oza dan Anggi. Mentor saya yang ngajarin bagaimana menjalankan usaha, dan bagaimana berumah tangga :))
.
Ini foto sabtu kemarin. #ozateaclass untuk pemula. Iya, pesertanya terbatas. Maaf kalau kamu belum kebagian tempat. Kalau ada kelas lagi dalam waktu dekat, kamu ikut ga???
.
#ozatea #ozateaclass #iamneteazen #pharmatography
"Dek, baru apa?"
.
.
.
"Beres bikin sarapan. Ibuk baru apa?"
"Berkebun"
Lalu Ibuk kirimkan foto hasil panen. Kacang panjang dan daun singkong petikan pagi ini. Cukuplah untuk konsumsi sendiri. Biasanya cuma direbus. Lalu dicampur bumbu kacang... :)
.
#kebunibuk
#jepretanibuk
Nggak percaya?
.
.
.
Iya, kerja di pabrik bisa semenyenangkan itu. Mainin HPLC di lab, utak utik reagen, sampek merekam proses macam bikin film.
.
Jadi, pertanyaan subjektif semacam "Emang enak kerja di industri?" atau "Apoteker ngapain sih ngurusih gituan?" dan sejenisnya itu mending diubah aja. Ajak sharing kawanmu yg lain bidang kerjaannya itu. Lumayan loh, nambah insight, meskipun mungkin nggak akan ngerti2 amat... :)
.
Begitu, Mbak.
Ada harapan, cita2, tentang ketuhanan, ibu, diri sendiri, agama, masa, perempuan, kota, hingga negara. Jokpin merangkumnya dengan apik dalam tiga empat baris saja.
.
"Kebahagiaan saya
terbuat dari kesedihan
yang sudah merdeka"
Begitu salah satu bait puisinya.
.
📕#suratkopi @joko_pinurbo
📷@tariastyas
Dear Kelomang berumah biru.
.
.
.
Maafkan,
bisa jadi itu ulahku.
Membuang benda yang berujung menyiksamu.
.
📷 @fan_fin
#sayapilihbumi 
#lessplastic
#belajarzerowaste
#doitnow
Maron, 2013.
.
.
.
Pagi di sini menggigil. Tungku2 mengepul sedari subuh dari dapur mereka di lantai paling atas. Menanak nasi, atau sekadar menjerang air. Tembakau2 disusun di atas perapian. Akan dirokok sendiri oleh yang empunya rumah. Dicampur kemenyan dan cengkeh. Wanginya khas. Kata Pak Sutris, tak ada hubungannya dengan mistis. Sudah dari dulu seperti itu.
.
Foto ini tidak dipoles. Diambil dengan kamera yang melekat di Sony Ericsson W8. Ponsel saya kala itu.
Keur naon, Neng?
.
.
.
Aya bapa2 yuswa kurang leuwih 60an. Ujug2 diuk di hareupan urang. Kaosna hideung. Rambutna sapundak geus loba nu bodas. Ngaroko linting nu haseupna ka mana2.
.
"Keur naon, Neng?" saurna.
"Maos Pak..." saur urang rada sieun.
"Maca mah di perpustakaan, lain di dieu atuh. Di dieu mah rekreasi. Wisata."
.
Si bapak ngalanjutkeun ngaroko.
Urang nutup buku.
.
"Abdi tiasa nyuhunkeun poto bapak teu?"
"Nteu atuh. Bapa mah mbung dipoto. Ku Rafi Ahmad ge mbung."
.
"Geus Neng. Ulah diladenan. Etamah nu gelo..." Ibu2 tina meja kasir ngabejakeun.
.
Si bapak seseurian. Siga nu bungah geus kanyahoan mun gelo. Si bapak ngadeg, indit bari jeung nyeuseup rokona deui.
.
"Wisataaa... pariwisata... !!!" manehna jojorowokan.
.
#pharmatography
#30hbc1930
Potret2 diri entah siapa
Bendera2 ukuran raksasa
Ketimpangan dan kepentingan mana yang akan mereka bela?
.
.
.
#pharmatography
Harusnya, kemarin Faiza main hape seharian.
.
.
.
Karena sabtu adalah hari gadget untuknya. Begitu aturan yang dibuat ibu dan ayahnya. Tapi anak kelas 2 SD ini malah asik dengan pulpen dan kertas. Corat coret. Duduk sebentar aja udah bisa bikin 3 gambar.
.
"Pengen jadi guru..." gitu katanya.
.
Teteh aminin ya Neng. Nanti, Faiza bisa ngegambar yang banyaaak trus bikin buku dongeng :))
Mengingat peristiwa lewat aroma,
.
.
.
seperti wangi rinso yang mengingatkan pada rumah. Wangi nasi yang baru dimasak. Wangi air mendidih. Atau wewangian lain yang mengingatkan secara personal.
.
Ruangan ini wangi.
Akan aku ingat nanti.
.
#pharmatography
Gedung dan tembok abu2 mengitari
Kawan datang dan pergi
Selesai di 1600 hari
.
.
.
#pharmatography
Bapak2 itu, memang suka bercerita soal anaknya!
.
.
.
Bahkan di obrolan sesingkat membacok dua buah kelapa, menuangkan airnya ke dalam wadah, memindahkannya ke plastik, dan mengikatnya.
.
"Kuliah di mana Neng?" Begitu awalnya. Lalu obrolan berlanjut singkat. Tentang anak si bapak yang mulai merantau ke ibu kota tahun lalu. Nada bicaranya ceria. Pertanda beliau bahagia.
.
"Sing barokah rejekina, Neng" begitu doanya.
.
Jangan2, Bapak di sana pun demikian. Melihat anaknya di dunia sambil bercerita pada sesamanya; "Anak saya itu suka sekali air kelapa. Airnya saja. Kalau kelapanya dia nggak terlalu suka. Apalagi santannya, bahaya buat dia..."
.
Foto ini tentunya diambil diam2. Meletakkan hp di posisi yang dirasa tepat, kemudian menekan tombol volume sebagai shutternya. Kalau saya, difoto diam2 selalu menyenangkan. Ah, lain waktu, foto ini akan kutunjukkan.
.
@30haribercerita 
#30haribercerita 
#30hbc1909 
#pharmatography